Jumat, 10 Februari 2012

Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu merubahnya sendiri



QS Ar-ra'd ayat 11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِّن بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللّهِ إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللّهُ بِقَوْمٍ سُوءاً فَلاَ مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَالٍ
١١--
baginya (setiap manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya secara bergiliran di depan dan di belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya. Sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain dia.

lahū mu‘aqqibātun (baginya [setiap manusia] ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya secara bergiliran), yakni malaikat-malaikat yang saling bergiliran. Malaikat malam bergiliran dengan malaikat siang dan malaikat siang bergiliran dengan malaikat malam.

mim baini yadaihi wa min khalfihī yahfazhūnahū min amrillāh, innallāha lā yughayyiru mā bi qaumin (di depan dan di belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum), yakni ketenteraman dan kenikmatan yang ada pada suatu kaum.

hattā yughayyirū mā bi aηfusihim (sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka) dengan cara tidak bersyukur.

wa idzā arādallāhu bi qaumiη sū-an (dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum) dengan cara menimpakan azab dan kehancuran.

fa lā maradda lahū (maka tidak ada yang dapat menolaknya), yakni menolak ketentuan Allah terhadap mereka.

wa mā lahum (sekali-kali tidak ada bagi mereka), yakni bagi orang-orang yang hendak dibinasakan Allah itu.

miη dūnihī (selain dia), yakni selain Allah ta‘ala.

miw wāl (pelindung), yakni pembela dari azab Allah ta‘ala. Menurut satu pendapat, tempat berlindung untuk perlindungan mereka.

bacalah baik-baik ayat dan artinya di atas ini..

Kalimat yang ane tuliskan memberikan kita motivasi untuk terus maju tanpa ragu dan tanpa takut.. Karena kunci sukses berasal dari diri kita sendiri..

perhatikan juga kalimat ini

"dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya. Sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain dia."

kalimat ini memberi tahu kita untuk tidak hanya berusaha tapi kita juga harus berdoa, karena sesuai yang di sebutkan di atas.. Pelindung manusia hanya Allah..

oleh karena itu mulai hari ini, detik ini, hilangkanlah rasa mudah menyerah, rasa tidak butuh kepada Allah, karena
Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak merubahnya sendiri..

mungkin sekian dari ane jika ada kata-kata yang salah atau tidak enak di hati pembaca ane mohon maaf sebesar-besar nya...wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar